Sabtu, 03 Februari 2018

Hal yang Perlu Dicermati Ketika Mengalami Cinta Lintas Budaya


Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam suku, budaya, bahasa, dan agama. Di Indonesia, hasil penelitian Badan Pusat Statistik tahun 2010 melaporkan bahwa terhitung ada 1.340 suku dengan 746 bahasa. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi negara yang kaya dengan khasanah budaya.
Jika bicara tentang hubungan lintas agama, kita akan diperhadapkan dengan berbagai pro dan kontra. Namun tidak banyak orang akan mempermasalahkan tentang hubungan cinta lintas budaya, padahal pada faktanya, ada banyak cerita di balik kisah perbedaan beda budaya ini, mulai dari permasalahan komunikasi, cara pandang, dan tradisi. Yang ingin mencoba menjalin cinta dengan pasangan yang berbeda budaya perlu memperhatikan hal ini. Jika tidak, kita mungkin akan dianggap tidak beretiket.
Misalnya:
Etiket Bertamu
Jika anda bertamu ke rumah pasangan anda yang berasal dari suku Jawa dan anda di tawari minum oleh keluarganya, perhatikan, jangan sampai menghabiskan air yang ada di gelas minuman. Jika tidak, anda akan dianggap kehausan dan tuan rumah akan langsung menambahkan air di gelas anda berulang kali.
Jika anda bertamu ke rumah pasangan anda yang berasal dari suku Batak dan pihak keluarga menawari anda minum, perhatikan, bahwa sebaiknya, anda menghabiskan air yang ada di gelas, karena jika tidak, anda akan dianggap tidak sopan.

2. Etika Makan
Untuk orang-orang di Indonesia Timur, sesuatu kegiatan baru bisa dikatakan makan jika di dalam acara makan itu ada menu daging atau ikan. Di beberapa suku di Sumatera, meskipun hanya dengan sambal dan nasi, mereka sudah menganggap kegiatan ini sebagai kegiatan makan.

3. Etika Bergaul
Di daerah NTT, jika berada dalam pesta atau bertemu dengan kerabat dekat, mereka akan langsung melakukan prosesi cium hidung. Maksudnya, hidung satu orang akan bersentuhan dengan hidung temannya sebagai tanda salam. Di Indonesia bagian Barat, kebiasaan ini diangggap tabu. Jika ada orang yang berani melakukannya, orang ini akan dicap Mesum. Bisa dibayangkan jika seseorang dari Indonesia Barat menikah dengan seseorang dari Indonesia Timur dan melihat kejadian seperti ini tanpa mengerti terlebih dahulu budaya mereka?



Tentu ada banyak perbedaan lain yang kita miliki. Karena itu, sebaiknya kita memiliki kemampuan lintas budaya yang baik. Apa jadinya jika kita mencintai seseorang namun tidak paham dengan budayanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar